Teknik Dasar Renang

'Get Speedo Fit' With The Speedo Swim Fitness Collection

Sebelum kita mempelajari berbagai teknik gaya renang, kita harus terlebih dahulu mempelajari teknik-teknik dasar dalam berenang. Sebenarnya banyak tenik yang dapat dipelajari, dalam artikel ini hanya akan dibahas beberapa teknik dasar renang yang perlu dikuasai, khususnya bagi para pemula. Berikut teknik-tekniknya:

1. Pernapasan

url

Salah satu keberhasilan dalam berenang kita dapat mengatur nafas dengan baik. Langkah pengambilan napas yang benar sebagai berikut:

a. Praktek bernapas mengambil dengan rolling kepala anda ke samping, melindungi pengaturan nafas bawah didalam air. janganlah lihat ke atas namun lihat ke samping untuk mengambil nafas. berkonsentrasi pada waktu memutar tubuh anda sepanjang lakukan style renang anda untuk menolong pernapasan.

b. Jauhi mengangkat kepala anda untuk bernapas dikarenakan mengganggu konsentrasi. tempatkan satu tangan di depan anda, ke bawah lain di segi anda. putar ke lebih kurang sudut 45 derajat didalam air. lihatlah lurus ke bawah serta menendang. putar kepala anda untuk mendapatkan posisi area nafas yang benar.

c. Belajarlah untuk bernapas pada satu segi pertama. awalilah ambil napas pada tiap-tiap gerakan pada segi di mana anda mendapatkan lebih nyaman. maju ke pernapasan bilateral sesudah anda menguasai satu segi. pernapasan bilateral sangat mungkin anda untuk berenang di garis lurus.

d. Menguasai tehnik pernapasan bilateral. stroke tiga kali serta bernapas ke didalam saku di satu segi, lantas stroke tiga kali lagi serta bernapas ke didalam saku di segi lain. anda barangkali dapat memperoleh air hingga hidung anda berapa kali anda berlatih. air masuk di sana dikarenakan perbedaan tekanan pada air serta hawa. menghembuskan napas melewati ke-2 hidung serta mulut menolong kurangi konsumsi air hidung.

2. Meluncur

02112010244

Meluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air.  Pertama-tama turunlah dalam kolam yang dangkal dan membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki anda (kanan atau kiri) di dinding kolam dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai tolakan untuk meluncur. Dorong badan melalui tolakan kaki tersebut dan meluncurlah sejauh mungkin dengan tangan sejajar di depan. Kepala diusahakan masuk dalam air sehingga kuping sejajar dengan lengan tangan. Lakungan gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh anda.

3. Mengapung

Kelebihan-dan-Kekurangan-Olahraga-Renang

Tehnik dasar mutlak dalam renang yang pertama adalah mengapung. Langkah mengajarkan tehnik mengapung di air yaitu menyuruh anak untuk pasrah didalam air dalam beragam posisi, umpamanya tengkurap, terlentang, jongkok di air, dsb.

  • Dalam posisi berdiri, anak diperintahkan untuk memasukkan kepalanya ke air sembari melentangkan tangan dengan pasrah. Ini dikerjakan sepanjang sebagian detik, bergantung seberapa kuat anak menahan nafas di air.
  • Lakukan gerakan seperti yang pada mulanya, ditambah dengan mengangkat satu diantara kaki ke permukaan air.
  • Lakukan gerakan seperti yang pada mulanya, ditambah dengan mengangkat kaki yang satunya lagi satu kaki ke permukaan air. {Mengapung di air dengan semua anggota tubuh pasrah dalam posisi tengkurap}.
  • Membuat grup, setiap grup 3 orang. Setiap grup membuat formasi segitiga dengan bergandengan tangan. Lakukan tehnik mengapung sembari bergandengan tangan dengan rekan.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s